Diterbitkan pada 04 Juni 2022

diabetes tipe 2; penyebab risiko obesitas; penyebab penyakit jantung

news

Pasti kita semua pernah tergoda dengan berbagai macam menu lezat yang tersaji di restoran, terlebih ketika restoran tersebut menyediakan layanan all-you-can-eat. Namun apakah kamu menyadari bahwa dalam jangka panjang kebiasaan makan berlebihan bisa saja menimbulkan banyak gangguan kesehatan loh, seperti menjadi penyebab risiko obesitas, diabetes tipe 2, hingga penyebab risiko penyebab sakit jantung. Yuk baca terus untuk mengetahui lebih detail, teman sehat!


Bertambahnya berat badan dan risiko obesitas

Tubuh mengubah sebagian kalori dalam makanan yang dikonsumsi menjadi energi, sementara sisanya akan disimpan dalam bentuk lemak. Apabila kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak dari yang keluar, maka akan mengalami kelebihan berat badan atau bahkan obesitas


Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Menurut Journal of Eating Disorders, awalnya kebiasaan makan terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam perut kamu, atau biasa disebut lemak viseral. Ketika lemak perut menumpuk, tubuh menjadi lebih mudah mengalami peradangan. Kondisi ini lalu berujung menjadi resistensi insulin sehingga tubuh tidak dapat memakai glukosa sehingga kadarnya terlalu tinggi.


Meningkatkan risiko penyakit jantung

Tidak asing lagi bahwa makan yang berlebihan juga menyebabkan rentan terkena hipertensi, kolesterol tinggi, dan faktor-faktor lainnya yang meningkatkan risiko penyakit jantung.


Mengganggu proses biologis tubuh

Makan berlebihan bisa membuat tubuh kamu “kewalahan” karena organ pencernaan mengeluarkan banyak hormon dan enzim untuk mencerna makanan. gula darah yang rendah membuat tubuh mengira kamu kekurangan energi. Hal ini membuat tubuh merasa ingin makan lebih banyak.


Penyakit kantong empedu

Makan terlalu banyak akan mengganggu fungsi utama kantong empedu, terlebih apabila pola makan didominasi oleh makanan berminyak dan tinggi lemak. Karena fungsi utama empedu adalah menguraikan lemak agar mudah dicerna. Saat makan berlebihan, kantong empedu bekerja lebih keras untuk memproduksi cukup empedu. Namun empedu yang berlebih dapat mengeras, membentuk batu, dan menyumbat saluran empedu yang mengakibatkan penyakit kantong empedu


Nah, Teman Sehat sudah tau sekarang gimana bahayanya apabila makan berlebihan. Atur pola makan kamu dan selalu rajin medical checkup di Parahita Diagnostic Center ya! Yuk, #Marikitacek!


Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Lainnya