Diterbitkan pada 03 Juni 2022

Tips Mencegah Obesitas

news

Halo teman sehat, kali ini Parahita mau bagi tips mencegah obesitas pada anak yang seringkali dianggap sepele oleh para orang tua. Obesitas pada anak bisa menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serta kolesterol tinggi. Namun jangan khawatir teman sehat, semua bisa dicegah dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini :


Menyusui bayi

Pemberian ASI Ketika bayi memberikan banyak sekali manfaat salah satunya adalah penurunan risiko obesitas pada masa kanak-kanak


Beri makanan sesuai porsi

Jangan terlalu senang apabila anak Anda makan banyak sekali, tetap perhatikan porsi makan sesuai dengan usia dan pertumbuhannya ya teman sehat.


Perkenalkan dengan makanan sehat

Usahakan anak untuk mau mencoba berbagai buah, sayuran, dan protein sejak usia dini dan batasi minuman manis


Temani saat anak makan sehat

Hindari anak makan sambal melakukan kegiatan lain seperti menonton tv atau bermain game. Ini akan membuat anak tidak fokus.


Anjurkan makan perlahan dan hanya saat lapar

Ajak anak untuk hanya makan Ketika lapar dan mengunyah lebih lambat agar pencernaan lebih baik


Batasi makanan tidak sehat

Isi lemari es dan dapur dengan makanan sehat


Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin

Olahraga dan permainan juga baik loh untuk mengisi waktu luang anak anda. Selain bisa mengalihkan konsentrasi dari makanan, aktivitas fisik seperti olahraga juga akan meningkatkan Kesehatan lainnya.


Batasi menonton tv maupun penggunaan gadget

Menonton TV dan penggunaan gadget tentu akan mendorong anak tidak banyak bergerak secara fisik. Kurangnya aktivitas fisik akan menyebabkan risiko obesitas pada anak semakin tinggi.


Atur jam tidur yang cukup dan berkualitas

Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan meningkatkan risiko obesitas


Pantau makanan anak di luar rumah

Tetap awasi makanan anak Anda ya teman sehat, jangan sampai anak memakan makanan yang tidak baik dan menimbulkan obesitas.


Ajak anak untuk melakukan medical checkup

Medical check up tidak hanya untuk orang sakit saja loh, medical check up berguna juga untuk monitor kondisi kesehatan anak termasuk rekomendasi sehat untuk mencegah obesitas. Kamu bisa banget melakukan medical check up di Parahita Diagnostic Center.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Lainnya