Diterbitkan pada 03 Juni 2022

Makanan Merusak Ginjal yang perlu kamu ketahui

news

Ada beberapa jenis makanan merusak ginjal yang perlu kamu tahu nih teman sehat, jenis-jenis makanan tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan ginjal. Tentu kamu tidak ingin dong mengonsumsi makanan merusak ginjal secara berlebihan? Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang perlu kamu hindari :


Makanan tinggi Natrium

Makanan asin seperti keripik, makanan yang diawetkan, junk food, dan bumbu mie instan. Apabila natrium berlebihan akan mengikat air dan menyebabkan ketidakseimbangan cairan dan elektrolit, peningkatan tekanan darah, dan peningkatan pengeluar Kalsium yang bisa mengendap dan membentuk batu ginjal.


Makanan tinggi protein

Eits, protein memang bagus, tapi apabila berlebihan bisa menjadi makanan merusak ginjal juga loh teman sehat. Apabila berlebihan protein maka akan dipecah menjadi Ureum dan Kreatinin yang harus dikeluarkan oleh ginjal. Sumber protein biasanya juga mengandung Asam Urat dan Fosfor yang tinggi sehingga membentuk batu ginjal.


Makanan tinggi gula

Siapa coba yang nggak suka yang manis-manis? Tapi apabila berlebihan akan menjadi makanan yang merusak ginjal juga loh. Apabila ditemukan gula di urin menandakan ginjal sudah rusak karena tingginya kadar gula. Kondisi ini disebut dengan Diabetes Nefropati


Makanan tinggi Oksalat

Teh hitam, dan sayuran berwarna hijau serta kacang-kacangan apabila dikonsumsi secara berlebihan juga akan menjadi jenis makanan merusak ginjal loh teman sehat.


Makanan tinggi Fosfor

Makanan tinggi fosfor bisa kamu jumpai pada susu, keju, daging, sayuran hijau dan soda. Jenis makanan seperti ini apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan batu ginjal.


Konsumsi vitamin dosis tinggi

Musim pancaroba bikin kamu pasti sering mengkonsumsi vitamin. Tapi jangan berlebihan ya teman sehat, karena vitamin dosis tinggi juga menyebabkan kerusakan ginjal. Contohnya vitamin A berlebihan akan menyebabkan toksisitas, Vitamin C berlebihan akan dipecah menjadi oksalat dan Vitamin D berlebihan akan menyebabkan peningkatan Kalsium dan menyebabkan batu ginjal.


Anabolic steroid

Buat kamu yang berprofesi sebagai atlet atau gym-holic nih apabila berlebihan akan menyebabkan peningkatan tekanan darah, kerja jantung, serta merusak ginjal.


Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Lainnya